Resume Siklus Belajar

Pengertian

Siklus belajar merupakan pendekatan pengajaran sains yang dikembangkan oleh Robert Karplus (Carin ,1994 : 64) bagi program perbaikan kurikulum pembelajaran sains (SCIS). Penelitian menunjukkan melalui siklus belajar siswa memahami konsep sains dengan lebih baik dan dapat mengaplikasikan pengetahuannya dalam kehidupan karena siswa tidak hanya diberi kesempatan dan waktu untuk mengeksplor fenomena alam tetapi secara langsung siswa mempunyai kesempatan untuk berinteraksi dengan guru yang berpengalaman dalam melayani pembelajaran dan memberikan umpan balik dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh siswa. Belajar dengan model siklus belajar akan menjadi bermakna bila guru mampu memberikan pengalaman langsung, sehingga siswa secara aktif akan mengetahui bagaimana belajar.
Model siklus belajar berorientasi pada peristiwa alami, saling berhubungan, atau prinsip-prinsip yang melibatkan beberapa konsep. Siklus belajar memberikan pengalaman konkrit pada siswa dengan tujuan untuk mengembangkan pemahaman konseptual. Model ini terdiri atas tiga tahapan yaitu Exploration (eksplorasi), Invention (pengenalan konsep), dan Discovery (penerapan konsep).

Tipe-Tipe Siklus Belajar

Lawson mengemukakan tiga tipe learning cycle yaitu:
1. Deskriptif yaitu para siswa menemukan pola empiris dalam konteks khusus (eksplorasi); guru memberi nama pada pola itu (pengenalan istilah atau konsep), kemudian pola itu ditentukan dalam kontekskonteks lain (aplikasi konsep).
2. Empiris-induksi yaitu para siswa juga menemukan pola empiris dalam konteks khusus (eksplorasi), tetapi mereka selanjutnya mengemukakan sebab-sebab yang mungkin tentang terjadinya suatu pola.
3. Hipotesis deduktif yaitu dimulai dengan pernyataan sebab. Para siswa diminta untuk merumuskan jawaban-jawaban hipotesis-hipotesis yang mungkin pada terhadap pernyataan itu.

Fase-Fase Siklus Belajar
1. Fase Eksplorasi atau Fasa Penggalian Konsep
Selama eksplorasi para siswa belajar melalui aksi dan reaksi mereka sendiri dalam situasi baru. Eksplorasi juga membawa para siswa pada identifikasi suatu pola keteraturan dalam fenomena yang diselidiki.
2. Fase Pengenalan Konsep atau Fase Penemuan Konsep
Fasa kedua ialah pengenalan konsep, biasanya dimulai dengan memperkenalkan suatu konsep atau konsep-konsep yang ada hubungannya dengan fenomena yang diselidiki, dan didiskusikan dalam konteks apa yang telah diamati selama fasa eksplorasi.
3. Fase Penerapan Konsep atau Fase Aplikasi Konsep
Fasa ini menyediakan kesempatan bagi para siswa untuk menggunakan konsepkonsep yang telah diperkenalkan. Adapun penerapannya dapat dilaksanakan dengan cara mengenalkan aktivitas yang berbeda di mana siswa dapat memperluas konsep-konsep dalam situasi baru atau situasi yang berbeda.

Kelebihan dan Kekurangan Siklus Belajar
Menurut Wibowo (2010), penerapan model siklus belajar mempunyai kelebihan dan kekurangan. Beberapa kelebihan sebagai berikut:
1. Meningkatkan motivasi belajar karena siswa dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran,
2. Membantu mengembangkan sikap ilmiah siswa, dan
3. Pembelajaran menjadi lebih bermakna.

Adapun kekurangan penerapan model siklus belajar yang harus selalu diantisipasi adalah sebagai berikut:
1. Efektifitas pembelajaran rendah jika guru kurang menguasai materi dan langkah-langkah pembelajaran,
2. Menuntut kesungguhan dan kreativitas guru dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran,
3. Memerlukan pengelolaan kelas yang lebih terencana dan terorganisasi, dan
4. Memerlukan waktu dan tenaga yang lebih banyak dalam menyusun rencana dan melaksanakan pembelajaran.

Refleksi
dalam suatu siklus belajar, guru hanya bertindak sebagai fasilitator yang membantu siswa dalam memahamkan pembelajaran. siswa akan mengumpulkan fakta melalui observasi terlebih dahulu lalu memperkenalkan konsep yang telah ditemukan melalui fenomena. lalu siswa membangun sendiri pemahamannya dengan observasi yang nantinya akan diperkenalkan konsep baru yang sudah dihubungkan dengan konsep lama yang dimiliki oleh siswa. sehingga siswa akan mudah memahami pelajaran dan siklus ini dapat terus berputar.

Komentar

Postingan Populer