Hakikat dan Ciri-Ciri Belajar dan Pembelajaran (Teori Deskriptif dan Teori Preskriptif)

Disusun oleh:
Nama: Muhibbatul Aina
NIM: 150341606479
OFF: B
Kelompok: 9
Prodi: S1 Pendidikan Biologi

“Hakikat dan Ciri-ciri Belajar dan Pembelajaran (Teori Deskriptif dan Teori Preskriptif)”

 Hakikat Belajar dan Pembelajaran
1. Pengertian Belajar
Ada beberapa pendapat mengenai pengertian belajar, diantaranya:
- Howard L. kingsley berpendapat bahwa belajar adalah suatu proses bukan produk. Dimana sifat dan tingkah laku ditimbulkan dan diubah melalui praktek dan latihan.
- Hilgard mengatakan bahwa belajar adalah proses melahirkan atau mengubah suatu kegiatan melalui jalan latihan yang dibedakan dari perubahan-perubahan oleh faktor-faktor yang tidak termasuk latihan.
- Jauhati mengatakan bahwa belajar adalah proses untuk memperoleh perubahan yang dilakukan secara sadar, aktif, dinamis, sistematis, berkesinambungan, integratif dan memilliki tujuan yang jelas.
- Fontana memusatkan belajar dalam tiga hal yaitu belajar adalah mengubah tingkah laku, perubahan adalah hasil dari pengalaman dan perubahan terjadi dalam perilaku individu.

Sesuai dengan beberapa pendapat para ahli diatas, maka dapat disimpulkan bahwa belajar adalah proses yang dilakukan oleh manusia untuk mencapai berbagai macam kompetensi, keterampilan, dan sikap. Usaha yang dilakukan guna mencapai kepandaian atau ilmu merupakan manusia untuk memenuhi kebutuhan, mendapatkan ilmu yang belum dipunyai sebelumnya. Belajar merupakan suatu proses usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh perubahan baru dalam diri seseorang sebagai hasil pengalamannya sendiri di dalam interaksi dengan lingkungannya.

2. Pengertian Pembelajaran
- Menurut Dimyati dan Mudjiono pembelajaran adalah kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional untuk membuat belajar secara aktif, yang menekankan pada penyediaan sumber belajar.
- Dalam undang-undang no.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 20 dinyatakan bahwa pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
- Menurut Corey pembelajaran adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dan dalam kondisi tertentu atau menghasilkan respon terhadap situasi tertentu, pembelajaran merupakan subset khusus dari pendidikan.

Berdasarkan pada beberapa pendapat para ahli yang telah dikemukakan d atas, dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian pembelajaran adlaah usaha sadar dari guru untuk membuat siswanya belajar yang akan berakibat adanya perubahan tingkah laku pada diri siswa yang belajar dimana perubahan itu dengan didapatkannya kemampuan baru yang berlaku dalam waktu yang relative lama karena danya usaha. Istilah pembelajaran ini berhubungan erat dengan pengertian belajar dan mengajar karena belajar, mengajar, dan pembelajaran terjadi secara bersama-sama. Belajar dapat terjadi tanpa adanya guru atau tanpa adanya kegiatan mengajar dan pembelajaran formal yang lain. Sedangkan mengajar meliputi segala hal yang guru lakukan di dalam kelas.

Perbedaan antara pembelajaran dan pengajaran:


 Ciri-ciri Belajar dan Pembelajaran
1. Ciri-ciri belajar
- Adanya kemampuan baru atau perubahan yang terjadi pada diri sendiri. Perubahan tingkah laku tersebut bersifat pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotorik) maupun nilai dan sikap (afektif). Perubahan tingkah laku ini tidak terbatas dikarenakan proses belajar yang bisa berlangsung kapanpun dan tanpa ada batasan dari siapapun juga. Karena sesungguhnya proses pembelajaran bisa berlangsung tanpa keberadaan seorang guru, maka dari pengetahuan yang diterima oleh seseorang pun juga tidak terbatas.
- Perubahan itu tidak berlangsung sesaat melainkan menetap atau dapat disimpan. Hal ini terjadi karena pada proses belajar, seseorang lebih cenderung memahami dengan cara dan porsinya masing-masing sehingga dapat diingat lebih lama.
- Perubahan itu tidak terjadi begitu saja melainkan harus dengan usaha.perubahan juga dapat terjadi akibat dari interaksi dengan lingkungan
- Perubahan tidak semata-mata disebabkan oleh pertumbuhan fisik/kedewasaan, tidak karena kelelahan, penyakit, atau pengaruh obat-obatan.

2. Ciri-Ciri Pembelajaran
- Merupakan upaya sadar dan disengaja
- Pembelajaran harus membuat siswa belajar
- Tujuan dari pembelajaran harus ditetapkan terlebih dahulu sebelum proses dilakukan
- Pelaksanaannya terkendali, baik isi, waktu, proses maupun hasilnya.

 Teori Belajar dan Pembelajaran
Bruner membuat perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran. Teori belajar merupakan teori dskriptif sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif. Teori belajar mendeskripsikan adanya proses belajar sedangkan teori pembelajaran mempreskripsikan strategi atau metode pembelajaran yang optimal yang dapat mempermudah proses belajar. Perspektif lain, Simon mengemukakan perbedaan serupa dengan memaparkan persamaan karakteristik dari “a prescriptive science” dan membandingkan dengan karakteristik dari “a descriptive science”. Ilmu deskriptif dan ilmu preskriptif memiliki perbedaan peranan. Aspek penting yang membedakan hanyalah jenis profesi dalam ilmu deskriptif yaitu ilmuwan. Sedangkan dalam ilmu preskriptif yaitu ilmuwan, teknolog dan teknisi. Ilmuwan berurusan dengan pengembangan prinsip dan teori. Teknologi yang menggunakan prinsip dan teori untuk mengembangkan prosedur. Sedangkan teknisi menggunakan prosedur yang dikembangkan oleh teknolog untuk menciptakan sesuatu.
Teori belajar menaruh perhatian pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentuan hasil belajar. Sebaliknya teori pembelajaran menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain untuk belajar. Teori preskriptif adalah goal oriented, sedangkan teori deskriptif adalah goal free. Artinya teori pembelajaran preskriptif adalah untuk mencapai tujuan, sedangkan teori belajar deskriptif adalah untuk memberikan hasil.

Komentar

Postingan Populer