Pendekatan CTL

Pengertian
“Konsep belajar yang membantu guru mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota masyarakat, keluarga, kelompok dan organisasi, bahkan pertemuan diantara sesama anak sehari-hari”
Pendekatan CTL memiliki tujuh komponen (pilar) sebagai berikut:

1.Konstruktivisme (Construktivism)
Merupakan landasan berfikir (filosofi) pendekatan CTL, yaitu bahwa pengetahuan bukanlah seperangkat fakta-fakta, konsep atau kaidah yang siap untuk diambil dan diingat. Siswa perlu dibiasakan untuk memecahkan masalah, menemukan sesuatu yang berguna bagi dirinya dan bergelut dengan ide-ide. Dengan dasar itu pembelajaran harus dikemas menjadi proses “mengkonstruksi” bukan “menerima” pengetahuan. Dalam proses pembelajaran siswa membangun sendiri pengetahuan mereka melalui keterlibatan aktif.
Tugas guru adalah menfasilitasi proses pembelajaran melalui;
1.Menjadikan pengetahuan bermakna dan relevan bagi siswa,
2.Memberi kesempatan siswa menemukan dan menerapkan idenya sendiri
3.Menyadarkan siswa agar menerapkan strategimereka sendiri dalam belajar.

2.Menemukan (Inquiry)
Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa diharapkan bukan hasil mengingat seperangkat kata-kata, tetap hasil dari menemukan sendiri. Pembelajara mendorong seluruh pikiran dan tubuh untuk bersama-sama aktif di dalam maupun di luar kelas. Guru harus selalu merancang kegiatan yang merujuk pada kegiatan menemukan, apapun materi yang diajarkan.
Siklus inquiri adalah melalui kegiatan;
1. Merumuskan masalah
2. Mengamati atau melakukan observasi,
3. Menganalisis dan menyajikan hasil dalam tulisan, gambar, laporan, bagan, tabel, dan karya lainnya,
4. Mengkomunikasikan atau menyajikan hasil karya pada pembaca, teman sekelas, guru, atau audien yang lain,
5. Mengevaluasi hasil temuan bersama.

3.Bertanya (Questioning)
Bertanya merupakan strategi utama dalam pembelajaran berbasis CTL. Bertanya dalam pembelajaran dipandang sebagai kegiatan guru untuk mendorong, membimbing dan menilai kemampuan berpikir siswa. Dalam segala aktivitas belajar, questioning dapat diterapkan; antara siswa dengan siswa, antara siswa dengan guru dan lain sebagainya.
Dalam pembelajaran kegiatan bertanya sangat berguna untuk;
1. Menggali informasi baik administrasi maupun akademis,
2. Mengecek pemahaman siswa,
3. Membangkitkan respon siswa,
4. Mengetahui sejauh mana keingintahuan siswa,
5. Mengetahui hal-hal yang sudah diketahui siswa,
6. Memfokuskan perhatian siswa pada sesuatu yang dikehendaki guru,
7. Untuk membangkitkan lebih banyak lagi pertanyaan dari siswa,
8. Untuk menyegarkan kembali pengetahuan siswa.

4.Masyarakat Belajar (Learning Community)
Konsep Learning community ialah hasil pembelajaran yang diperoleh melalui kerjasama dengan orang lain. Misalnya seorang siswa yang belum biasa memperkecil atau memperbesar peta dibantu oleh teman yang sudah bisa dengan cara menunjukkan cara membuatnya. Kedua siswa tersebut sudah membentuk masyarakat belajar.

5.Pemodelan (Modeling)
Dalam pendekatan CTL guru bukan satu-satunya model, model dapat dirancang dengan melibatkan siswa, seorang siswa bisa ditunjuk untuk memberi contoh temannya melafalkan satu kata. Contoh mempraktekkan model; Guru IPS menunjuk siswa untuk berperan sebagai seorang pedagang, atau guru bahasa Indonesia menunjukkan teks berita dari surat kabar.

6.Refleksi (Reflection)

Refleksi adalah cara berfikir tentang apa yang baru dipelajari atau berfikir kebelakang tentang apa yang sudah dilakukan dimasa lalu. Refleksi merupakan respon terhadap kejadian, aktivitas atau pengetahuan yang baru diterima. Misalnya ketika pembelajaran berakhir siswa merenung “Kalau begitu, cara saya menyimpan file selama ini salah, mestinya dengan cara yang baru dipelajari, sehingga file dalam komputer lebih tertata”. Kegiatan mengevaluasi diri sendiri baik dilakukan karena itulah siklus kehidupan yang nyata. Mengalami – umpan balik – dan berusaha kembali berkali-kali akan lebih efektif daripada jika siswa dibiarkan memahami pengetahuan secara sepotong-sepotong dan mengandalkan penilaian dari orang lain (guru).

7.Penilaian yang sebenarnya (Authentic Assessment)
Assessment adalah proses pengumpulan berbagai data yang bisa memberikan gambaran perkembangan belajar siswa. Gambaran perkembangan belajar siswa perlu diketahui oleh guru agar bisa memastikan bahwa siswa mengalami proses pembelajaran dengan benar. Karena gambaran tentang kemajuan belajar itu diperlukan disepanjang proses pembelajaran, maka assessment dilakukan terintegrasi dengan kegiatan pembelajaran. Karakteristik authentic assessment adalah;
- Dilaksanakan selama dan sesudah proses pembelajaran berlangsung,
- Bisa digunakan untuk formatif maupun sumatif,
- Yang diukur keterampilan dan performasi bukan mengingat fakta,
- Berkesinambungan,
- Terintegrasi,
- Dapat digunakan sebagai feed back.

Refleksi
Dalam pendekatan CTL memiliki karakteristik yaitu
1. Pembelajaran autentik
2. Meaning full learning yakni belajar untuk memaknai pembelajaran
3. Inquiry yakni pembelajaran dengan langsung praktek pada lingkungan
4. Refleksi yakni menghubungkan pengetahuan lama dengan pengetahuan baru sehingga memiliki pengetahuan baru yang berguna untuk diaplikasikan

Komentar

Postingan Populer