Refleksi Review

Nama: Muhibbatul Aina
NIM: 150341606479
off: B
kelompok: 9

Pada pertemuan mata kuliah belajar dan pembelajaran kali ini dilakukan review mengenai berbagai teori belajar dan pembelajaran yang pernah dibahasa sebelumnya:
1. Perbedaan antara similasi dan akomodasi adalah:
Pada asimilasi, menunjukkan suatu proses adaptasi atau penyesuaian yang dilakukan oleh individu. Yang mana asimilasi ini cenderung lebih sulit dilakukan pada seseorang yang berusia dewasa. Karena pada usia dewasa, individu cenderung mempercayai dan menganggap benar suatu hal berdasar apa yang telah diala meskipun kenyataannya hal tersebut belum tentu benar.
Sedangkan pada akomodasi, hasil dari penggabungan antara pengetahuan, info, ataupun konsep yang baru didapatkan dengan pengetahuan, info, atau konsep lama yang pernah diketahui oleh individu.
2. Perbedaan antara teori yang dikemukakan Vygotsky dan Piaget adalah:
Pada teori yang dikemukakan oleh Vygotsky cenderung menekankan terhadap interaksi sosial.jadi pada proses belajar dan pembelajaran itu tidak selalu melalui keadaan formal dan berada di dalam kelas. Melainkan proses belajar dan pembelajaran dapat ditemukan melalui pengaruh interaksi sosial, pengalaman, dan dampak dari kejadian sosial yang terjadi di lingkungan sekitar. Sedangkan pada teori yang dikemukakan oleh piaget bahwa perkembangan mental selalu sejalan dengan perkembangan fisik seseorang.
3. Perbedaan antara penghargaan dan hadiah adalah:
Penghargaan diberikan setelah melalui proses yang baik dan tidak mudah. Sedangkan pada hadiah adalah hal yang tidak berkaitan langsung dengan proses pembelajaran serta diberikan secara Cuma-Cuma.
4. Ketidakseimbangan antara realita dan harapan, berusaha mencari keseimbangan, sehingga terjadilah asimilasi dan akomodasi.
5. Sel efficacy: keyakinan seseorang terhadap kemampuan diri sendiri

Komentar

Postingan Populer